SELAMAT DATANG di GO-PINTAR Indonesia.... GURU PINTAR - MURID PINTAR. SMS/WA. 0857.9928.1950

Jumat, 11 Desember 2015

TUJUAN DAN MANFAAT KEGIATAN LES PRIVAT


TUJUAN DAN MANFAAT KEGIATAN LES PRIVAT



 Tujuan dan Manfaat Kegiatan Tutoring, Sahabat Cendekia, Guru Les Privat di Depok dan Jakarta, SD, SMP, SMA
Terkadang kita masih bingung dan bertanya Apa Tujuan dan Manfaat Kegiatan Tutoring?. Berikut ini Sahabat Cendekia akan

memberi sedikit gambaran tentang tujuan dan manfaat dari kegiatan tutoring  atau les privat.
Tujuan tutoring adalah membantu siswa untuk dapat membantu dirinya sendiri (help students help themselves) (Grecco, 2008).
Tutor membantu dan membimbing tutee belajar sampai pada titik dimana ia dapat mengerjakan segala sesuatunya sendiri, bukan

sampai segala sesuatunya ia kerjakan.
Tujuan tutoring bukanlah membuat siswa bergantung pada tutor, tetapi sebaliknya, membuat siswa mampu menggali potensi

dirinya dan mencapai kemandirian.

Adapun manfaat kegiatan tutoring adalah, antara lain:
I. Bagi Siswa

  1. Instruksi belajar 1:1, sehingga perhatian tutor terfokus hanya pada satu siswa
  2. Instruksi belajar disesuaikan dengan gaya belajar dan kebutuhan siswa yang spesifik
  3. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap subject (materi pelajaran)
  4. Adanya review (pengulangan) terhadap materi yang belum dikuasai namun kurang dipelajari
  5. Siswa memperoleh latihan soal intensif, sehingga yang bersangkutan mempersiapkan diri sejak dini untuk menghadapi ulangan 
  6. harian, ujian blok, ujian semester, ujian nasional, dan ujian masuk perguruan tinggi
  7. Pemanfaatan waktu belajar di luar sekolah dengan lebih baik
  8. Mendorong level belajar yang lebih tinggi
  9. Meningkatkan motivasi berprestasi
  10. Meningkatkan penghargaan diri (self-esteem) dan kepercayaan diri (self-confidence)
  11. Mendorong siswa agar lebih mandiri
  12. Adanya umpan balik dan penghargaan dari tutor terhadap siswa
  13. Siswa memperoleh teman yang lebih dewasa sebagai teladan (role model) yang positif


II. Bagi Guru/Sekolah:

  1. Meningkatkan monitoring/pengawasan siswa secara individual
  2. Lebih banyak waktu untuk mengembangkan kelas daripada mengulang-ulang materi dan pekerjaan siswa
  3. Mendorong sikap positif siswa terhadap proses belajar-mengajar
  4. Meningkatkan iklim belajar di kelas menjadi lebih positif
  5. Kepuasan pribadi melihat siswa/siswinya sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...